Beberapa Cara Mendapatkan Ide Untuk Tulisan

Cara mendapatkan ide untuk tulisan

TRIKindo.comHarus diakui menemukan ide untuk suatu tulisan memang bukanlah perkara yang mudah. Padahal, semua apa yang nantinya akan ditulis berawal dari sebuah ide. Bila mendapatkan ide saja sudah tidak bisa, kapan artikel tersebut selesai dibuat?

Dan terkadang anda telah menemukan sebagian ide tersebut, namun ditengah jalan mengalami deadlock sehingga tidak dapat mengembangkan tulisan tersebut. Anda hanya bisa melamun dan berpikir keras bagaimana supaya bisa melanjutkan tulisan tersebut hingga selesai.

Jelas hal ini terjadi bukanlah tanpa sebab. Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna. Memiliki otak dan juga akal pikiran.  Lantas apa yang membuat kita kesulitan mendapatkan ide dalam menulis konten ataupun tulisan lainnya?

Alasan pertama karena anda malas untuk membaca.

Jangan berharap bisa jadi seorang bloger atau penulis yang sukses jika anda saja malas membaca. Seorang penulis yang hebat adalah orang-orang yang gemar sekali untuk membaca.

Dengan membaca, pengetahuan anda pun semakin bertambah. Alhasil, ide pun semamin mudah didapat berdasarkan apa yang sudah pernah dibaca.

Namun sayangnya, negara kita sudah darurat membaca. Berdasarkan hasil penelitian World's Most Literate Nations yang dilakukan Central Connecticut State Univesity, New Britain, Amerika Serikat, pada 2016 lalu, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam minat membaca.

Tentu kondisi ini sangat memperhatinkan yang membuat negara kita semakin tertinggal. Maka dari itu, cobalah untuk membaca walaupun 1 halaman per harinya. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Alasan kedua bisa terjadi karena otak jarang dilatih berpikir

Perlu untuk anda ketahui, otak semakin sulit berkembang jika jarang dilatih atau malas untuk berpikir. Tanpa disadari hal ini sering anda lakukan di kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh, ketika diberi tugas matematika ataupun pelajaran lainnya, anda justru malas untuk mengerjakan tugas itu sendiri dan hanya mencontek milik teman.

Sama halnya ketika anda menulis artikel, cobalah untuk menulis sendiri berdasarkan apa yang dipikirkan, bukan sekedar mencomot dari situs orang lain. Tak mengapa jika mulanya masih kurang bagus, tetapi jika sering dilatih membuat anda bisa terus mengembangkan tulisan tersebut.

Cara Memperoleh Ide Untuk Tulisan

Lantas apa yang sebaiknya saya lakukan untuk bisa mendapatkan ide untuk tulisan dengan mudah?

1. Cobalah Menulis Dalam Keadaan Tenang

Saya sarankan, coba anda menulis ketika jiwa dan pikiran dalam keadaan tenang dan tanpa beban pikiran apapun. Percayalah, banyak memikirkan sebuah masalah bakal menyulitkan anda dalam menulis sebuah konten.

Lupakan sejenak apa yang menjadi beban pikiran, tarik nafas dan buat diri sendiri menjadi tenang terlebih dahulu. Kalau pun tidak bisa, lebih baik tunda menulis dulu dan tunggu hingga anda merasa lebih tenang.

Selain itu, anda bisa memilih waktu yang tepat untuk membuat suatu konten. Saya sarankan malam hari di saat mayoritas orang sudah tak lagi beraktivitas.

Saat-saat seperti itu anda bisa berpikir dengan lebih tenang sehingga lebih memudahkan anda dalam mendapatkan dan mengembangkan ide untuk sebuah tulisan.

2. Jangan Berdiam Diri, Cobalah Keluar Rumah

Apakah anda pernah mengalami kebuntuan saat membuat artikel? Bila pernah, bisa jadi disebabkan kurangnya Anda mengeksplor dunia luar.

Jangan salah, terkadang inspirasi menulis bisa didapatkan berdasarkan apa yang anda lihat di lingkungan sekitar.

Sebagai contoh sederhana, pada awalnya kita kebingungan untuk menentukan judul ataupun tema yang menjadi bahan utama artikel yang akan ditulis, saat dijalan ada sebuah daun yang gugur dari atas pohon.
Karena peristiwa itu, maka timbul dalam pikiran untuk menulis seputar daun atau tumbuh-tumbuhan.

Semakin jauh anda melangkah maka semakin banyak pula hal yang didapatkan. Semakin jauh anda mencari inspirasi, maka ide tersebut semakin mudah untuk didapatkan.

3. Cobalah Untuk Mengumpulkan Ide

Bagaimana maksudnya? Mencari ide tidak harus dilakukan saat akan menulis saja, saat waktu kosong pun anda bisa melakukannya.

Ketika ide itu muncul, tulis pada selembar kertas kecil, hari berikutnya ada ide baru lagi muncul di otak anda, tulis lagi pada lembaran kertas kemarin. Lakukan secara terus menerus hingga kumpulan ide-ide tersebut semakin banyak.

Tentu saja hal ini sangat berguna ketika anda membutuhkannya saat menulis artikel. Anda tinggal mengembangkannya saja.

Nah maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memiliki tabungan ide walaupun tidak bisa langsung di gunakan saat itu juga, tetapi pada waktunya ide yang sudah anda dapatkan pasti akan dipakai juga.

4. Coba Ingat-ingat Apa yang Pernah Alami

Ide muncul terkadang juga berdasarkan apa yang telah dialami. Bagaimana kisah hidup anda, pengalaman anda, dan juga apa yang pernah dilakukan hal tersebut bisa menjadi lumbung ide yang bisa dimanfaatkan.

Contoh, dahulu anda pernah berhasil untuk menyalakan api tanpa menggunakan korek, dari pengalaman tersebut bisa dibuat sebagai bahan tulisan.

Percayalah, bila anda menulis sesuatu yang pernah anda alami, rasakan, ataupun dilakukan pasti lebih mudah dalam membuatnya.

Menarik : Optimasi SEO On Page

5. Melihat Postingan Orang Lain

Anda pun bisa mencari ide tulisan dengan melihat postingan milik situs orang lain. Baca baik-baik secara keseluruhan tulisan tersebut.

Dari postingan tersebut, dapat dijadikan referensi untuk menulis artikel untuk situs atau blog anda. Anda juga bisa belajar dari apa yang sudah di tulis oleh pemilik blog tersebut.

Yang terpenting, jangan sampai anda melakukan copy paste apalagi tanpa izin terlebih dahulu kepada pemiliknya. Jangan, itu adalah tindakan yang buruk.

6. Banyak Membaca

Sudah saya singgung sebelumnya, salah satu problematika seorang bloger kesulitan dalam membuat sebuah artikel karena minimnya pengetahuan.

Salah satu sebabnya adalah kurangnya membaca. Tanpa wawasan yang luas sulit rasanya bagi seorang bloger untuk bisa dengan mudah menemukan sebuah ide untuk tulisan dan mengembangkannya.

Coba hilangkan kebiasaan anda yang malas membaca secara perlahan-lahan. Memang awal terasa berat, tetapi jika sudah menjadi kebiasaan maka hal tersebut menjadi sesuatu yang mudah.

Sebagai langkah awal, coba membaca 1 halaman terlebih dahulu, selanjutnya coba 2 halaman, 3 halaman hingga 1 buku penuh. Jika setiap hari anda bisa melakukannya, maka sadar atau tidak pengetahuan anda lama kelamaan akan semakin banyak.

7. Mencari Sesuatu Apa yang Dibutuhkan Orang Banyak

Sesuatu yang dibutuhkan oleh khalayak bisa anda jadikan bahan untuk menulis artikel atau konten. Anda bisa bergabung ke dalam forum-forum tertentu dan mendiskusikannya.

Cara lain anda bisa melakukan riset dengan menggunakan google trends untuk mengetahui tingkat minat pembaca terhadap suatu hal.

Atau anda bisa memanfaatkan tools ubbersugest untuk mengetahui seberapa besar volume pencarian untuk sebuah kata kunci. Bila semakin tinggi menandakan keyword tersebut banyak di cari oleh orang sehingga anda dapat mengembangkannya menjadi konten yang berkualitas dan menarik.


Itulah sedikit informasi tentang bagaimana menerapkan cara mendapatkan ide untuk tulisan diatas dengan baik, semoga bermanfaat bagi anda yang mungkin saja masih kebingungan dan mengalami hal yang sama.