Panduan Membuat Artikel Berkualitas yang Disukai Pembaca

Panduan Membuat Artikel Berkualitas

TRIKindo.comPanduan membuat artikel berkualitas harus diketahui oleh seorang bloger. Artikel menjadi suatu hal utama yang harus ada pada sebuah blog atau situs. Namun untuk membuat konten, tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Banyak dari para bloger yang ingin berpenghasilan, namun enggan belajar bagaimana cara membuat artikel yang menarik dan berkualitas. Bahkan, banyak dari mereka yang malas untuk membuat konten.

Tetapi, tetap menjadi sesuatu yang percuma jika anda rutin membuat artikel, bahkan sehari bisa membuat lebih dari 3 artikel. Namun hal itu tak berarti apa-apa jika kualitas tulisan masih rendah dan tidak nyaman dibaca.

Kuantitas itu memang penting. Rutin membuat artikel itu merupakan suatu hal yang baik dilakukan, namun jika tidak diimbangi dengan kualitas maka menjadi sesuatu hal sia-sia.

Coba anda lihat contoh konten berkualitas milik website panduanim, mas sugeng, maxmanroe, atau blogodolar. Sebagai pembaca, pasti anda merasa nyaman dan puas setelah membaca artikel dari tulisan-tulisan tersebut.

Itu berarti, kita dapat mencontoh dan mempelajari dari artikel mereka mengenai pembuatan konten yang berkualitas. Untuk selengkapnya dapat anda baca pedomannya berikut ini :

Pedoman Membuat Artikel Berkualitas

1. Mencari Ide untuk Tulisan

Di era sekarang banyak sekali kita temukan para bloger yang sama sekali enggan mencari ide sendiri untuk membuat sebuah konten. Apa sebabnya?

Yang pertama, pengetahuan anda sangat sedikit sehingga kesulitan dalam mencari ide untuk tulisan.

Yang kedua anda malas membaca. Padahal untuk bisa menjadi penulis yang sukses itu, harus sering-sering membaca. Itu kunci penting yang harus dipegang.

Yang ketiga, anda hanya mencari referensi hanya melalui google saja. Apakah itu salah?

Sebenarnya tidak ada yang salah, toh google juga menjadi gudang informasi yang lengkap. Namun tahukah anda? Jika apa yang sudah anda temukan di google belum bisa dipastikan 100% kebenarannya.

Salah satu cara termudah untuk bisa mengembangkan ide tulisan adalah menulis berdasarkan apa yang sudah pernah dialami dan juga dilakukan. Sebagai contoh seperti berikut ini :

Ketika SMA, anda pernah menanam tanaman dan sukses melakukannya secara mandiri, maka langkah-langkahnya dari penggalian tanah, pemberian pupuk, hingga tumbuhan tersebut tumbuh subur.

Jika anda sudah bisa memulai dan mengembangkan ide tulisan, maka proses selanjutnya menjadi lebih mudah.

2. Lanjut Membuat Konten Original

Sesudah anda menemukan ide untuk artikel, selanjutnya tuang ide tersebut dalam bentuk tulisan yang original. Apa yang dimaksud dengan original disini?

Konten original diartikan sebagai konten yang dibuat hasil tulisan sendiri tanpa melakukan plagiat tulisan orang lain. Kalau pun terpaksa mengutip sebuah tulisan baik itu dari internet maupun buku, mencantumkan sumber adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Membuat konten yang original menjadi salah satu langkah awal untuk membuat konten web yang berkualitas. Namun hal itu masih tidak cukup jika tidak diimbangi dengan Artikel yang menarik.

3. Buat Artikel yang Menarik

Bagaimanakah cara membuat konten web yang menarik di samping original?

Ketika anda membuat sebuah artikel, coba sejenak lupakan dulu mengenai SEO. Mengapa begitu? Bukankah SEO itu penting?

Yap hal itu memang, namun alangkah lebih baik jika anda membuat konten yang ditujukan kepada pembaca, bukan google. Toh nanti siapa yang membaca artikel anda? Pembaca bukan?

Buat pembaca tertarik dengan tulisan yang sudah anda buat. Gunakan bahasa yang tidak terlalu kaku dan juga tidak terlalu alay. Yang penting tulisan dapat mudah dipahami oleh pembaca.

Cobalah berlatih membuat sebuah tulisan dan suruh orang lain untuk membacanya. Apa ia merasa tertarik dan membaca tulisan anda berulang-ulang?

Jika iya, maka selamat. Berarti anda sudah bisa membuat konten yang menarik untuk pembaca. Jika belum, maka menandakan ada sesuatu hal yang membuat pembaca tidak tertarik dengan bahan tulisan yang sudah anda buat.

Tipe-tipe backlink berkualitas, apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini.

4. Sajikan Informasi Secara Lengkap

Apakah penting membuat konten dalam jumlah kata yang banyak? Tentu iya, asal berbobot dan bukan sekedar basa basi.

Banyak dari para bloger yang membuat tulisan mencapai 1000 kata, 2000 kata, hingga 3000 kata namun justru membuat pembaca bosan ketika membacanya? Apa sebabnya?

Bisa karena apa yang disampaikan terlalu bertele-tele atau penulis menyampaikan sesuatu yang sulit dipahami oleh orang awam.

Membuat konten itu jangan setengah-setengah. Berikan informasi yang jelas dan mendalam. Sebagai contoh, saat anda membuat artikel mengenai "sejarah kemerdekaan Indonesia", sampaikan sejarah tersebut mulai dari jatuhnya bom Hiroshima dan Nagasaki hingga pengucapan proklamasi oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Tetapi jangan paksakan juga untuk membuat terlalu banyak kata. Jika konten 500 kata sudah dirasa cukup, ya sudah hentikan. Jangan tambahkan tulisan yang sebenarnya tidak perlu untuk ditulis.

5. Perbanyak Kosa Kata

Saat membuat konten, hindari pengulangan kata kunci atau keyword yang sama berulang-ulang dalam jumlah yang terlalu banyak. Mengapa?

Alasan yang paling utama adalah tulisan anda menjadi tidak nyaman untuk dibaca. Tidak percaya? Coba perhatikan baik-baik tulisan ini.

"Cara mencegah kanker paru-paru bisa dilakukan dengan menghindari asap rokok yang selama ini sering mengganggu kita. Selain cara mencegah kanker paru-paru bisa kita lakukan dengan melakukan olahraga yang sehat seperti jogging. Selain itu, cara mencegah kanker paru-paru bisa dilakukan dengan mengurangi atau menghindari minuman beralkohol"

Coba perhatikan tulisan diatas, dan bacalah. Sudah jelas, tulisan tersebut tidak enak saat dibaca karena penggunaan kata "cara mencegah kanker paru-paru" yang dimasukkan berulang-ulang kali.

Anda bisa mengubahnya seperti ini agar lebih nyaman saat dibaca

"Cara mencegah kanker paru-paru bisa dilakukan dengan cara tidak berada di sekitar orang-orang yang sedang merokok. Tak hanya itu, penyakit mematikan yang satu ini juga dapat anda hindari dengan melakukan olahraga rutin yang bisa menyehatkan paru-paru anda. Hindari alkohol supaya gangguan penyakit tersebut menjangkiti tubuh anda".

Pada intinya keduanya sama-sama menerangkan tentang bagaimana cara paru-paru dengan 3 cara yaitu hindari asap rokok, berolahraga, dan juga jangan minum alkohol.

Namun jika dilihat dari perbedaanya, tulisan kedua lebih enak untuk dibaca karena menggunakan LSI keyword atau yang juga kita kenal sebagai sinonim keyword.

Selain itu, anda juga harus memahami dan memiliki banyak pengetahuan mengenai sinonim berdasarkan aturan PUEBI agar penggunaan kosa kata pada tulisan anda menjadi lebih banyak.

6. Tulis Konten yang Bermanfaat

Membuat konten atau artikel yang bermanfaat mutlak harus dilakukan. Jangan sampai pengunjung merasa tidak mendapatkan apa-apa setelah membaca artikel yang sudah anda buat.

Membuat pengunjung kecewa jelas merupakan suatu kegagalan dalam membuat konten. Sebagai solusi coba buatlah artikel dengan bahan yang sering dicari oleh banyak orang.

Itulah alasan mengapa riset keyword sangat penting dan harus dilakukan. Jadi bukan sekedar mengetahui tingkat persaingan saja, tetapi juga mengetahui konten seperti apa yang dibutuhkan oleh pembaca.

Panduan lainnya : panduan belajar SEO on page

Penutup

Pada dasarnya, tidak ada yang susah untuk menulis artikel yang bagus itu. Kuncinya hanya satu, buat pengunjung menjadi jatuh cinta dan ingin kembali membaca tulisan tersebut walau telah ia baca berulang-ulang kali.

Hal tersebut menandakan bahwa anda sudah bisa membuat konten yang menarik bagi pengunjung. Semoga sedikit panduan membuat artikel berkualitas bermanfaat dan dapat diterapkan mulai saat ini.