Sumber Backlink Terbaik dengan Teknik White Hat

Sumber Backlink Terbaik

TRIKindo.comSumber backlink terbaik - Berbicara tentang dunia blogger, tentu tidak dapat dipisahkan dengan SEO atau yang lebih kita kenal sebagai Search Engine Optimisation (Pengoptimalan Mesin Telusur).  SEO sangat membantu bagi anda yang ingin memperbaiki rangking situs di mesin pencari. SEO juga berguna menambah kepercayaan situs anda dihadapan mesin pencari, terutama google.

Mungkin selama ini anda berpikiran bahwa untuk mendapatkan peringkat terbaik hanya membutuhkan artikel panjang dan berkualitas. Memang benar bahwa kualitas artikel adalah nomor 1, namun jika tidak diikuti dengan teknik lainnya maka hal tersebut menjadi sia-sia.

Salah satu teknik SEO yang dapat anda lakukan adalah 'backlink' yang termasuk ke dalam teknik SEO off page. Backlink atau yang sering disebut sebagai pranala balik merupakan link yang masuk ke dalam situs web atau halaman web. Semakin banyak backlink pada suatu situs menandakan semakin meningkatnya tingkat kepopuleran situs tersebut.


Sumber Backlink Terbaik

Namun tidak banyak yang tau jika backlink menjadi teknik yang penuh dengan resiko jika anda tidak melakukannya dengan benar. Dalam melakukan optimasi ini anda harus memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Apakah situs yang menjadi sumber backlink relevan dengan situs anda?
  • Darimanakah backlink itu berasal?
  • Dimanakah letak backlink tersebut?
  • DoFollow atau nofollow?
  • Apakah situs yang menjadi rujukan backlink adalah situs spam atau pernah memiliki catatan buruk di mata google?
  • Dan masih banyak lagi yang perlu anda pertimbangkan


Berikut ini adalah sumber backlink terbaik yang harus anda terapkan :

1. Backlink Berkualitas adalah Backlink yang Berasal dari Situs yang Relevan

Mungkin awal anda mencari sumber backlink sebanyak-banyaknya untuk menambah tingkat kepopuleran situs yang anda miliki. Namun jelas hal itu bukan teknik yang bagus, malah cenderung dianggap spam oleh google. Yang benar, anda mencari backlink dengan tidak perlahan dan berasal dari situs yang relevan.

Bagaimana maksudnya? Sebagai contoh, bila anda memiliki website teknologi, maka sumber backlink yang sebaiknya diterima juga Niche teknologi. Relevansi inilah yang dinilai baik oleh google. Sebenarnya jika tidak relevan pun tidak menjadi masalah asal sumber pranala balik bukan berasal dari situs terlarang, tetapi jika satu niche tentu itu jauh lebih baik.

2. Backlink Terbaik Berasal dari Website yang Juga Berkualitas

Situs backlink terbaik harusnya juga memiliki kualitas yang mumpuni. Anda tidak bisa asal dan harus melakukan riset tentang sumber backlink yang ditargetkan. Pilih situs dengan reputasi yang sangat baik. Banyak hal yang mengindikasikan seberapa bagus reputasi sebuah situs.

Salah satunya yaitu mengenai trafik. Semakin banyak orang yang mengunjungi situs tersebut, maka otomatis tidak perlu diragukan lagi tingkat popularitasnya. Namun trafik membumbung tinggi juga tak cukup, jika tidak berasal langsung dari search engine google. Tak hanya itu, website yang bagus juga ditandai dengan nilai DA dan PA yang tinggi juga. Untuk mengeceknya, langsung saja menuju ke sini.

3. Letak Backlink Sebaiknya di Dalam Postingan

Masih banyak yang bertanya, dimanakah letak backlink yang baik itu? Apakah di homepage, laman, atau dalam postingan? Sebenarnya anda bisa memasangnya dimana saja, tidak ada aturan ketentuan khusus mengenai peletakkannya. Namun jika ingin yang terbaik, maka backlink yang terletak di dalam artikel wajib untuk dipilih.

Alasannya sangat sederhana, bagian postingan menjadi bagian yang sering dikunjungi dan dibuka oleh visitor. Otomatis jika terdapat backlink yang menuju situs anda pasti langsung dapat ditemukan. Jarang sekali yang mengunjungi sebuah situs melalui home page, kecuali telah memiliki nama dan sudah terkenal.

4. Backlink Dofollow Maupun Nofollow Semua Harus Seimbang.

Baik backlink blogger ataupun wordpress sebenarnya sedikit lebih baik yang bersifat DoFollow daripada nofollow. Hal ini dikarenakan google lebih memprioritaskan backlink dofollow dibandingkan nofollow. Tetapi tetap saja, segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Seimbangkan keduanya agar tidak ternilai spam di mata google. Pada intinya, jangan terlalu bernafsu untuk mengejar backlink dofollow, tetapi selaraskan dengan nofollow agar seimbang.

5. Backlink yang Baik Bukan Berasal dari Situs Spam

Cara tanam backlink yang baik yaitu bukan pada situs spam atau yang memiliki reputasi buruk di mata google seperti website porn, judi, SARA. Adapun untuk mengetahui apakah sebuah situs mengandung spam bisa dicek di Moz.com

6. Berasal dari Situs yang Aktif

Sekalipun anda sudah menanam backlink pada website yang memiliki DA PA yang tinggi, namun jarang mengupdate konten maka hal tersebut juga tidak baik. Dengan tidak mengupdate artikel tentu saja bisa mengakibatkan penurunan visitor dan DA/PA situs rujukan.

Jika hal itu terjadi, tentu saja tanam backlink yang anda lakukan menjadi sia-sia. Maka dari itu, selalu cek apakah pemilik website selalu memperbarui konten  ataukah tidak dengan melihat tanggal postingan.

Cara Menanam Backlink yang Baik

  • Guest Post
Guest post atau menjadi penulis tamu menurut saya adalah optimasi terbaik untuk mencari backlink. Tetapi jika memang tujuannya untuk mencari backlink, pilih website dengan DA,PA, dan trafik yang tinggi. Selain itu guest post juga bermanfaat untuk melatih anda menulis konten yang berkualitas dan saling menguntungkan antara dua belah pihak. Menarik bukan?


  • Tanam Backlink di Situs .Edu atau .Gov
Situs edu maupun gov merupakan situs milik lembaga pendidikan yang sudah pasti memiliki authority yang tinggi. Cara mendapatkan backlink seperti itu yaitu dengan menggunakan jasa backlink, menggunakan software, atau mengirim permohonan langsung kepada pemilik website tersebut.


  • Menanam Backlink di Situs Referensi
Yang dimaksud situs referensi di sini diantaranya yaitu wikihow dan Wikipedia. Sudah tak bisa dipungkiri lagi bila keduanya telah memiliki tingkat popularitas yang tinggi dan selalu dicari oleh orang banyak. Maka dari itu keduanya layak dijadikan sebagai sumber backlink website anda.


  • Komentar di Blog Orang dengan Authority yang Tinggi

Backlink komentar setidaknya masih berpengaruh asal anda melakukannya dengan benar yaitu berkomentar pada situs berauthority tinggi dan diutamakan pada blog berplatform WP self hosting. Dan yang paling penting, jangan dilakukan terlalu sering agar tidak dianggap spam di mata google. Berkomentar dengan relevan bukan sekedar "mantap gan", "ok", "thanks" dan komentar tak penting lainnya.

Kesimpulan
Backlink merupakan salah satu optimasi SEO yang sebaiknya dilakukan. Namun tetap dalam batas porsi yang wajar dan dilakukan dengan cara putih atau white hat. Sebenarnya tujuan backlink selain meningkatkan rank situs, juga berguna dalam meningkatkan trafik pada website yang kita miliki.

Jangan sampai hanya karena terlalu bernafsu, membuat anda melakukan teknik spam yang justru semakin memperburuk citra website anda di mata google. Dengan menyeimbangkan teknik SEO on page dan juga SEO off page, maka membuat situs berada di peringkat yang baik bukan hanya mimpi dan angan belaka.

Demikian enam sumber backlink terbaik yang bisa anda terapkan, bila bermanfaat bisa langsung membagikan postingan ini kepada orang lain.