Teknik SEO Basi yang Seharusnya Tidak Anda Lakukan di Tahun 2018

TRIKindo.com Masih banyak para bloger yang menerapkan teknik SEO yang basi demi mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Beberapa teknik yang dimaksud disini sudah seharusnya tidak dilakukan di tahun 2018 ini. Teknik SEO 2018 sudah diperbarui dengan mengutamakan kualitas konten dan juga user experience (pengalaman pengguna).

Baik teknik SEO blogspot maupun wordpress kini harus mengikuti algoritma yang baru dari google. Setidaknya beberapa hal seperti template mobile friendly, fast loading, navigasi baik, konten berkualitas, https menjadi bagian tren SEO terbaru yang harus anda terapkan.

Lantas apa saja yang dimaksud teknik SEO basi itu? Sebenarnya teknik berikut ini  dulunya juga merupakan bagian terpenting dalam dunia optimasi SEO. Bahkan cara lawas yang akan disebutkan berikut ini bisa mempercepat peningkatan posisi rank artikel di mesin pencari.

Tapi itu dulu, beda dengan saat ini. Dipastikan jika anda masih menggunakan metode tersebut, maka hal tersebut bisa membuat google menilai buruk situs anda. Berikut ini beberapa teknik SEO basi yang sudah seharusnya tidak anda lakukan :

Jangan Lakukan Teknik SEO Basi Berikut Ini

Teknik SEO basi yang seharusnya tidak dilakukan di 2018

1. Backlink Spam

Backlink sendiri diartikan sebagai tautan atau link yang masuk ke sebuah halaman web. Backlink merupakan salah satu optimasi off page SEO yang dapat meningkatkan kepopuleran suatu situs. Bahkan hingga kini backlink masih menjadi bagian terpenting dari segi SEO (menurut beberapa pakar).

Tetapi aturan mengenai backlink kini sudah banyak diperbarui dan tidak bisa dilakukan secara asal. Dahulu banyak orang melakukan backlink spam hanya demi bisa bersaing di posisi atas search engine. Segala cara dilakukan hanya untuk mendapatkan backlink, bahkan dengan memaksa Bloger lain untuk memberikan backlink melalui artikel.

Baca juga : sumber backlink terbaik

Namun untuk 2018 jangan harap cara tersebut bakal berhasil, justru menggunakan teknik backlink seperti itu dapat menurunkan posisi situs anda di google karena dianggap melakukan spam. Salah satu contoh dari teknik backlink spam adalah berkomentar di blog orang lain dalam waktu yang singkat dengan kata-kata yang tidak relevan.

Tak hanya itu saja, dalam mencari backlink (sekalipun itu termasuk white hat) tetap harus dilakukan secara perlahan. Jangan menggebu-gebu hingga melupakan konten situs anda. Stop melakukan hal tersebut, dan berfokuslah pada konten yang berkualitas tinggi.

2. Keyword Stuffing

Keyword atau kata kunci menjadi salah satu unsur penting untuk menampilkan artikel kita di mesin pencari. Keyword sendiri terbagi atas beberapa jenis yaitu :
  • Keyword Abadi
  • Keyword Musiman
Keyword abadi merupakan kata kunci selalu dicari oleh banyak orang tanpa peduli tertelan zaman. Contoh dari kw ini diantaranya "cara memasak sayur". Sementara kw musiman sifatnya hanya sementara dan hanya dicari pada waktu-waktu tertentu. Contohnya yaitu "jadwal pertandingan AFF 2018".

Dalam dunia SEO penggunaan keyword yang tepat sangat penting untuk mempermudah google dalam mengindeks artikel yang sudah kita publish. Bukan hanya sekedar berapa jumlah kata di dalam postingan, tetapi bagaimana menentukan keyword dan penyebarannya di dalam artikel itu juga penting.

Dalam menerapkan SEO artikel kata kunci harus disebarkan secara merata, di awal, tengah, dan akhir paragraf. Namun harus dilakukan secara natural, tidak melakukan keyword stuffing yang justru membuat artikel anda menjadi tidak nyaman dibaca oleh pengunjung.

Apakah keyword stuffing itu? Keyword stuffing adalah suatu teknik penyebaran keyword yang sama secara berulang-ulang yang bertujuan untuk memanipulasi rangking website di pencarian google. Teknik SEO 2018 sudah tidak baik untuk dilakukan. Selain itu, dengan menerapkan cara tersebut dijamin  isi artikel menjadi tidak nyaman  untuk dibaca.

Lantas apa yang harus kita lakukan untuk menghindari keyword stuffing? Salah satunya yaitu dengan menerapkan keyword LSI atau Latent Semantic Indexing Keyword. Cara ini dianggap ampuh untuk memperkaya kosakata keyword pada sebuah artikel. Sebarkan LSI di setiap paragraf konten yang anda buat.

Cara mengetahui LSI keyword bisa dengan melihat pada bagian bawah mesin pencari atau menggunakan tools seperti lsigraph atau lsikeywords. Dengan perpaduan antara keyword utama dan juga LSI yang tepat, niscaya keyword stuffing bisa dicegah.

3. Anchor Text yang Tidak Relevan

Tahukah anda mengenai anchor teks? Anchor teks merupakan teks yang berisi tautan atau link mengarah ke halaman lain atau situs luar. Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai internal dan eksternal link. Anchor teks dibuat dengan tujuan agar pembaca juga membaca artikel kita yang lainnya, tidak hanya konten itu saja.

Tentu hal tersebut bisa berdampak baik dalam menurunkan bounce rate yang tercatat di google analitycs. Semakin kecil nilai bounce rate, maka hal tersebut meningkatkan nilai SEO di mata google. Lantas apa yang menjadikan anchor teks menjadi sesuatu hal yang tidak bagus saat diterapkan?

Benar, internal dan eksternal link merupakan salah teknik terbaik dalam SEO, tetapi algoritma google yang terbaru sangat mengutamakan relevansi keyword. Dalam artian, bila kita ingin memasang anchor teks harus mengarah ke artikel dengan topik yang sama atau relevan.

Jadi, kita tidak bisa asal-asalan dalam menerapkannya. Selain itu jumlah anchor teks disarankan tidak terlampau banyak agar tidak dinilai spam di mata bot google. Utamakan internal link daripada eksternal link dengan komposisi 2:1.

4. Spam Komentar

Blog walking  dahulu dianggap sebagai salah satu cara untuk menambah nilai SEO pada suatu situs. Yang dimaksud blogwalking disini yaitu saling mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar pada situs tersebut.

Sebenarnya tidak ada yang salah jika anda memberikan komentar di blog orang lain. Justru hal itu menguntungkan, selain bisa meningkatkan silaturahmi antar sesama blogger, dengan berkomentar anda juga bisa mendapatkan backlink secara gratis (bila pemilik situs mengizinkan pengunjungnya menanam backlink komentar)

Namun jika dilakukan secara spam, setiap saat, dan tidak mengenal waktu maka hal tersebut menjadi suatu hal yang sia-sia. Sang empu website pasti tidak menyetujui komentar yang sudah anda tulis sebelumnya.

Kesimpulan

Dalam melakukan teknik SEO, jangan terlalu terpaku pada teknik-teknik itu saja. Setiap tahunnya Google selaku mesin pencari terbesar di dunia selalu mengupdate algoritmanya yang lebih mengutamakan kepuasan pengunjung atau yang juga disebut sebagai user experience.

Jangan gunakan teknik black hat hanya demi meningkatkan nilai SEO situs anda. Mau bagaimana pun juga, black hat bukan merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Dijamin, cara-cara buruk seperti itu tidak membuat sebuah situs bisa bertahan lama di google.

Karena itu, tinggalkan hal yang basi, dan lakukan cara-cara yang lebih baik lagi. Yang paling penting, jika anda ingin menguasai ilmu SEO pastikan anda selalu mengetahui algoritma dari google dan segala perubahannya yang mungkin saja terjadi.

Artikel mengenai teknik SEO basi tersebut bisa anda bagikan kepada orang lain apabila dirasa bermanfaat, terima kasih telah berkunjung ke blog ini.