Panduan SEO untuk Bisnis Agar Banjir Order

Panduan SEO untuk Bisnis

TRIKindo.comPanduan SEO untuk Bisnis sangat perlu dan penting diketahui bagi seorang yang terjun di dunia usaha. Penting untuk anda ketahui, karena banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan bila menguasai ilmu yang satu ini. Dagangan laris, banjir order, dan untung makin berlipat-lipat...

Tidak percaya? Mungkin anda tidak mempercayainya, karena sama sekali belum mencoba teknik yang satu ini.

Tentu anda sangat berkeinginan produk yang anda jual bisa ditemukan melalui google bukan? Bukan hanya sekedar melalui media sosial saja. Maka dari itu, SEO berperan penting dalam hal ini guna membantu bisnis anda agar bisa berkembang dan bersaing dengan kompetitor.

Sudah baca ini? Manfaat Copywriting dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Pengertian SEO

Pada artikel sebelumnya, saya sudah sedikit menjelaskan definisi SEO secara umum. Sedangkan yang dimaksud SEO untuk Bisnis sendiri merupakan cara yang dilakukan oleh para pebisnis atau UMKM untuk meningkatkan visibilitas produk yang dijualnya pada mesin pencari.

Teknik seperti ini memang tidak bisa anda rasakan hasilnya dalam waktu singkat. Semua harus melalui proses yang panjang. Apalagi jika toko online yang Anda miliki masih tergolong. Butuh banyak waktu agar google merayapi dan mengenali toko online yang Anda miliki.


Panduan SEO untuk Bisnis

Teknik SEO untuk para pebisnis, juga harus dilakukan dari 2 sisi. On page SEO maupun off page SEO. Kedua optimasi tersebut harus dilakukan secara natural agar hasil yang didapatkan juga bagus hasilnya. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Dimulai dari Riset Produk

Sebelum anda benar-benar melakukan teknik SEO pada produk yang dijual ada baiknya riset terlebih dahulu. Tujuannya supaya anda benar-benar mengetahui produk apa yang kira-kira banyak diminati orang-orang Indonesia. Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan seberapa tinggi tingkat persaingan produk itu dipasaran.

Maksudnya, apakah barang tersebut selama ini udah sering dijual? Sebenarnya sah-sah saja, apabila anda ingin menjual produk yang sama dengan kompetitor. Tetapi bukankah lebih baik jika menjual produk berbeda dengan ciri khas toko online anda sendiri. Ya, hitung-hitung mengurangi saingan.

Untuk melakukan riset produk anda bisa mengeceknya pada marketplace. Di sana anda bisa menemukan produk apa saja yang biasanya laris dan banyak dicari para konsumen. Selain itu anda juga bisa melakukan riset secara offline dengan bertanya atau melakukan survei kepada masyarakat.

2. Kedua Dilanjutkan dengan Riset Keyword

Apapun tujuannya, melakukan riset keyword merupakan panduan SEO yang penting untuk diterapkan dan dikuasai. Riset keyword dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kata-kata yang diketik orang-orang di search engine, terutama google atau Bing.

Dari riset inilah anda juga bisa mengetahui tingkat persaingan dari keyword itu sendiri. Bagaimana saya bisa mengetahui hal seperti itu? Ada banyak tools yang bisa anda manfaatkan. Mulai dari ubbersugest, keyword revealer, google Keyword planner, keyword everywhere, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan versi gratis maupun premium dari tools-tools tersebut. Namun, jika ingin hasil riset lebih akurat maka saya sarankan gunakan yang versi premiumnya. Dimana, anda diharuskan menyewa tools tersebut setiap tahunnya agar bisa digunakan.

Setelah keyword utama sudah anda dapat, silakan diterapkan pada konten yang akan dibuat. Mengeni cara pembuatan konten untuk bisnis, akan saya jelaskan di bawah ini..

Bingung cara riset keyword, yuk baca artikel berikut ini..

3. Membuat Konten Menarik

Panduan SEO selanjutnya adalah membuat konten yang menarik. Konten disini maksudnya gambaran mengenai produk yang anda jual dalam bentuk artikel. Membuat konten berkualitas itu penting, tetapi juga harus diikuti dengan konten yang menarik. Apa maksudnya?

Begini...

Pernahkah anda membaca sebuah konten yang membuat anda tertarik bahkan ingin mengetahuinya lebih dalam lagi. Meskipun sudah dibaca berkali-kali tetapi anda tidak bosan untuk membacanya. Nah, itulah yang disebut dengan konten menarik, mampu membuat visitor menjadi jatuh hati dengan tulisan yang anda buat.

Lantas, bagaimana agar konten yang kita buat menarik sehingga bisa menarik konsumen agar membeli produk kita? Jawabannya yaitu dengan teknik copywriting. Ibaratkan, copywriting adalah seni menjual lewat tulisan.

Kok bisa?

Ya, karena dengan copywriting yang baik dan benar, anda bisa menghipnotis para viewer supaya mengenal lebih jauh tentang produk yang anda jual dan pada akhirnya membelinya. Menerapkan teknik menulis seperti ini memang sedikit membutuhkan keahlian khusus, bukan sekedar menulis biasa.

Teknik Copywriting yang Benar


Copywriting bisa dalam bentuk tulisan yang panjang ataupun tulisan yang pendek seperti iklan baris. Yang perlu anda perhatikan adalah saat membuat konten dalam bentuk yang panjang. Jangan sampai, justru membuat calon konsumen anda merasa bosan sehingga tidak lagi mengunjungi toko online anda.

Coba ajak pembaca ikut masuk dalam tulisan yang anda buat. Dalam artian, anda tidak hanya sekedar menjelaskan Produk anda secara panjang lebar. Ingat, pembeli belum tentu membaca keseluruhan konten yang anda buat! Jika mereka sudah menentukan inti dari produk yang dijual, saat itu juga mereka dapat memutuskan apakah jadi membeli ataukah tidak.

Jangan membuat tulisan seperti ini..

Kami adalah salah satu perusahaan terbaik di kota ini. Memiliki banyak pelanggan dan harga produk yang bersaing dengan kompetitor. Selain itu kami juga menjual jasa ----- yang tentu saja tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Sekilas dari tulisan tersebut memang tidak ada yang salah. Namun bila hal tersebut dilakukan pembaca merasa bahwa anda hanya fokus pada produk yang dijual, bukan pada konsumen.  Jadi bagaimana baiknya?

Cobalah ganti dengan kata-kata seperti ini..

Anda akan mendapatkan harga murah berkualitas tinggi dari produk yang kami jual. Selain itu, customer kami dengan senang hati membantu anda bila ada hal- hal yang dibutuhkan. 

Nah, bisa dilihat kan mana yang lebih baik? Tentu yang kedua jauh lebih baik bukan? Dan yang tidak kalah penting bahwa dalam membuat tulisan berbasis copywriting anda harus bisa membuat headline yang juga menarik...

4. Mencari Backlink

Backlink sangat berguna sebagai salah satu cara untuk menaikkan peringkat situs anda di mesin pencari. Ada banyak optimasi backlink yang bisa anda lakukan. Namun apapun teknik tersebut, lakukanlah secara natural bukan spam untuk memanipulasi mesin pencari.

Baca juga : optimasi SEO off page

Untuk toko online, promosi di media sosial menjadi salah satu teknik mencari backlink yang paling mudah dan aman dilakukan (asal dilakukan dengan wajar, bukan melakukan spamming promotion). Di samping itu dengan pemasaran dapat meningkatkan brand awarness sehingga produk yang anda jual semakin dikenali oleh orang banyak.


Penutup

Melakukan optimasi SEO untuk membuat produk anda banjir orderan memang sangat perlu dilakukan. Namun hal tersebut tak berarti jika anda tidak memberikan informasi yang jujur tentang produk yang anda jual kepada konsumen.

Mereka tidak akan peduli dengan teknik promosi yang anda lakukan. Yang mereka inginkan adalah bisa mendapatkan produk yang berkualitas sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan pada konten yang dipromosikan. Maka dari itu jangan sekali-kali membuat pembeli kecewa ya.

Mendapatkan keuntungan dari usaha yang anda jalankan kini bukan lagi sekadar mimpi. Lakukan panduan SEO untuk Bisnis di atas dan buktikan sendiri hasilnya :)