8+ Tips Mempercepat Loading Website Kurang dari 5 Detik

Tips mempercepat loading website

TRIKindo.comBanyak sekali yang bertanya tentang hal ini, bagaimana tips mempercepat loading website? Informasi ini tentu saja sangat penting untuk anda ketahui. Mengapa? Karena hal ini menyangkut tentang user experience website anda yang juga berdampak pada segi SEO.

Sekarang coba bayangkan...

Sebagus apapun konten (menurut anda) tetapi ketika akan dibuka justru malah lambat pemuatannya, maka apa yang akan terjadi? Tentu saja pengunjung akan meninggalkan web tersebut dan beralih ke website lainnya. Tentu sangat disayangkan jika sampai anda harus kehilangan pengunjung hanya karena problem seperti itu.

Tak hanya itu saja, google juga sudah menyatakan jika loading situs menjadi salah satu. Di lansir dari webmaster google, disebutkan bahwa :
"in July 2018, page speed will be a ranking factor for mobile searches."

Atau jika diartikan adalah : "mulai July 2018, kecepatan laman menjadi faktor penentu rangking web untuk pencarian mobile". Nah mengetahui hal tersebut, masihkah Anda mengabaikan masalah loading situs?

Baca juga : belajar SEO on page

Cara Cek Loading Situs

Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengecek apakah sebuah situs dikategorikan fast loading atau justru slow loading. Tools-tools tersebut yaitu :


  • Pagespeed Insights : Tools ini dimiliki oleh google yang dapat anda gunakan untuk mengetahui dan mengukur kinerja serta kecepatan sebuah situs jika di akses dari perangkat seluler maupun perangkat desktop.
  • GT Metrix : Juga merupakan tools gratis yang bisa anda manfaatkan untuk mengecek kecepatan situs. GT Metrix memiliki banyak fitur diantaranya Track History with Graphs, Analyze on an actual Android device, Test from Multiple Regions, Playback Page Loads with Videos, Set up Monitored Alerts, Save Report Data, dan berbagai fitur lainnya.
  • Pingdom : Anda bisa mengecek kecepatan situs menggunakan tools yang satu ini dengan akses dari berbagai negara di dunia. Tak hanya itu saja, ada tips-tips yang bisa anda lakukan guna memperbaiki masalah loading yang lambat sehingga menjadi jauh lebih cepat setelah diperbaiki.


Tips Mempercepat Loading Website 

Sebagai solusi atas problem loading situs anda yang lama, berikut ini saya sampaikan beberapa tips yang bisa anda lakukan guna membuat waktu pemuatan situs menjadi lebih cepat (baik blogspot maupun wordpress). Yuk, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini :

1. Kompres Gambar Sebelum Diunggah

Tips mempercepat loading Website yang pertama adalah dengan mengompres atau memperkecil ukuran gambar thumbnail pada web atau blog anda. Banyak yang mengabaikan tentang hal ini, padahal jika dilakukan bisa membuat web terasa ringan ketika di akses.

Bagaimana cara melakukan kompres gambar? Ada banyak tools yang bisa anda gunakan mulai dari compresspng.com, compressjpeg.com, atau situs-situs yang lainnya. Selain itu, sangat disarankan menggunakan format gambar png karena tidak membuat gambar menjadi rusak ketika harus di compress.

2. Kurangi Widget yang Tidak Dibutuhkan

Bila anda pengguna blogspot, ada banyak pilihan widget yang bisa anda gunakan untuk merubah tampilan dari sebuah blog. Tetapi tahukah anda? Sejatinya tidak semua widget perlu dipasang pada situs anda. Apa alasannya? Tentunya bisa membuat web sedikit lebih berat ketika di akses

Terutama jika anda memasang widget HTML/JavaScript atau widget yang menampilkan gambar. Tak perlu banyak-banyak, cukup pasang maksimal 4-5 widget saja di homepage. Oke?

Baca juga : tips membuat konten viral

3. Kurangi Gambar pada Homepage

Seperti apa yang sudah saya katakan tadi, gambar memang menjadi salah satu penyebab mengapa web anda menjadi lambat untuk diakses. Terlebih lagi jika jumlah gambar yang ada pada homepage terlalu banyak. Tak perlu menaruh banyak gambar di bagian tersebut, terutama untuk gambar--gambar thumbnail. Bagaimana cara menguranginya? Cukup dengan mengurangi jumlah maksimal postingan yang ditampilkan di homepage.

4. Kompres HTML, CSS, dan juga Javascript

Tips mempercepat loading Website berikutnya adalah dengan mengompres atau memperkecil ukuran HTML, CSS dan juga Javascript. Ketiganya berada di dalam template dan menjadi salah satu sumber problem yang membuat situs anda lambat diakses. Ketiganya tidak perlu anda hapus sehingga mempengaruhi tampilan dari blog anda. Tetapi cukup dengan mengompressnya menggunakan tools-tools gratis yang tersedia di google.

Baca juga : tips membuat artikel berita

5. Batasi Jumlah Iklan

Teruntuk situs yang memiliki iklan di dalamnya baik itu google adsense, mgid, adnow maupun yang lainnya pasti merasakan durasi pemuatan yang lebih lama daripada saat sebelum dipasang iklan. Untuk mengatasinya, kurangi saja jumlah iklannya dan pasang paling banyak 3 iklan saja. Insyaallah, loading web anda menjadi lebih cepat.

Tips Mempercepat Loading Website untuk Wordpress

Bagi anda pengguna wordpress self hosting, beberapa cara berikut ini bisa membantu untuk mempercepat pemuatan website bahkan bisa kurang dari 5 detik. Bagaimana caranya?

1. Pilih Hosting Terbaik

Langkah pertama jika anda ingin membangun situs berbasis wordpress adalah dengan memilih layanan hosting.  Nah, hosting ini memiliki pengaruh besar apakah nantinya website anda cepat/lambat ketika diakses. Jangan pilih hosting abal-abal dengan kualitas buruk yang nantinya bisa menjadi masalah di kemudian hari.

2. Gunakan Plugin Cache

Di WordPress ada banyak sekali plugin yang bisa digunakan dengan fungsi dan kegunaan yang beraneka ragam. Plugin yang dapat digunakan mempercepat loading website adalah plugin yang dapat menyimpan Cache dari website anda. Anda bisa memilih m plugin W3 Total Cache atau Wp Super Cache, yang berguna untuk meningkatkan kecepatan website atau blog WordPress kamu secara otomatis.

Udah baca ini? Cara melakukan riset kata kunci

3. Gunakan Themes yang Ringan

Sebenarnya cara ini juga berlaku untuk blogspot, dimana salah satu tips mempercepat loading Website adalah dengan menggunakan template yang ringan. Entah itu premium maupun gratis. Jika anda hendak mendownload atau membeli sebuah template pastikan cek demonya terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa loadingnya. Sekadar saran, untuk platform wordpress anda bisa menggunakan Themes super fast sementara untuk platform Blogger anda bisa menggunakan viomagz atau template milik arlinadzgn.

4. Gunakan Cloudfare

Apa itu Cloudfare ? Cloudflare merupakan jaringan pengiriman konten dan layanan domain name server yang didistribusikan untuk meningkatkan kinerja l mempercepat pemuatan website anda. Tak hanya itu saja, Cloud fare juga menyediakan fitur keamanan. Apakah untuk menggunakan cloudfare saya harus membayar? Jawabannya tidak harus. Akan tetapi, bila website anda memiliki pengunjung yang terlalu banyak sebaiknya menggunakan paket premium.

Menarik : Tips Ampuh Mempromosikan Website

5. Jangan Terlalu Banyak Memakai Plugin

Plugin WordPress memang memiliki banyak sekali kegunaan. Namun berbeda halnya jika anda memasangnya dalam jumlah yang terlalu banyak. Seperti widget pada blogspot, apabila anda memakai terlalu banyak plugin membuat website menjadi lambat saat diakses. Gunakan plugin sewajarnya dan install yang kira-kira dibutuhkan saja.

Demikian informasi dan tips yang bisa saya sampaikan mengenai tips mempercepat loading website baik untuk platform Blogger maupun wordpress. Dengan melakukan hal tersebut, insyaallah loading situs anda menjadi lebih cepat bahkan kurang dari 5 detik. Yuk dicoba mulai sekarang.