Tips Menulis Artikel Berita, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Tips menulis artikel berita

TRIKindo.comTips menulis artikel berita penting untuk diketahui, terutama bagi anda yang memiliki web news atau berita. Teks berita sendiri merupakan sebuah teks atau konten yang menjelaskan informasi atau peristiwa yang terjadi di dunia. Terutama yang terbaru atau teraktual.  Sebuah konten berita harus mengandung fakta dan memiliki unsur 5W + 1H.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita diartikan cerita atau keterangan tentang kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; laporan; pemberitahuan; atau pengumuman. Sementara itu, menurut Willard C. Bleyer berita adalah sesuatu hal baru yang dipilih wartawan guna dimuat dalam surat kabar sehingga bisa mempunyai makna dan juga menarik minat bagi para pembaca.

Konten berita terbagi atas berbagai tema seperti ekonomi, hukum, olahraga, politik, kriminal, agama, dan lain sebagainya. Selain itu yang paling terpenting adalah berita harus mengandung fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. Namun meski begitu konten berita juga diperbolehkan bercampur dengan pendapat pribadi asalkan tetap didukung dengan fakta yang ada.

Jenis-jenis Berita

Pada umumnya, berita terbagi atas beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

  • Hard News : berita unggulan yang biasanya terdapat pada media massa seperti media cetak, media elektronik, maupun media siber.
  • Soft News : berbeda dengan hard news, jenis berita soft news berisi informasi tentang peristiwa ringan seperti  dunia hiburan atau bersifat human interest seperti objek wisata dan info liburan. Jadi, sifat soft news tidak terlalu menegangkan.


Kedua jenis berita tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Straight News
  • Opinion News
  • Interpretative News
  • Explanatory News


Tips Menulis Artikel Berita

Tips menulis konten atau artikel berita tentu saja sedikit berbeda. Karena anda tidak hanya dituntut bisa membuat konten yang bagus, tetapi juga harus paham mengenai kaidah-kaidah ilmu jurnalistik. Penulis konten berita wajib menyediakan informasi terbaik untuk target pembacanya. Bagaimanakah caranya? Berikut ini tips menulis artikel berita yang bisa anda lakukan.

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum membuat konten, pastikan anda melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya agar artikel lebih terstruktur dan anda sebagai penulis menguasai konten tersebut. Kuncinya ada pada 5W + 1H.

  • Apa yang terjadi pada peristiwa tersebut?
  • Siapa saja yang terlibat?
  • Dimana tempat kejadiannya?
  • Kapan kejadian tersebut berlangsung?
  • Dimana peristiwa itu terjadi?
  • Dan yang terakhir, bagaimana peristiwa atau kejadian tersebut bisa terjadi?

Jika keenam pertanyaan tersebut sudah bisa anda jawab, maka lakukan tips kedua berikut ini

Baca : cara melakukan riset keyword

2. Kumpulkan Fakta-fakta

Seperti apa yang sudah saya katakan pada penjelasan awal, sebuah berita harus mengandung fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Tulis fakta sespesifik mungkin, informasi yang sekiranya tidak penting lebih baik dibuang saja. Urusan apakah anda ingin menambahkan opini, itu urusan belakangan. Yang paling penting fakta sudah terkumpul terlebih.

3. Buat Kerangka Tulisan 

Tips menulis artikel berita selanjutnya adalah dengan membuat kerangka tulisan.  Mengapa sih harus dibuat kerangka? Kan bisa ditulis langsung? Eits, jangan salah menyusun kerangka sangat berguna untuk membuat tulisan dengan baik karena telah terkonsep sebelum. Terlebih untuk teks berita, jangan sampai isinya menjabar kemana-mana.

Baca juga : tips mendapatkan ide untuk tulisan

4. Ketahui Juga Target Pembaca

Mengetahui target pembaca juga penting untuk anda lakukan supaya teks berita yang ditulis bisa disesuaikan dengan target pembaca. Anda perlu mengetahui kira-kira "siapa saja" yang nantinya membaca konten yang sudah anda buat.

Apakah pembaca anda didominasi oleh mahasiswa? Atau didominasi oleh orang-orang dewasa yang sudah bekerja? Dengan memahami siapa saja orang - orang yang datang ke situs berita yang anda miliki, maka anda pun lebih mudah dalam menentukan tema berita  dan juga isi yang menyesuaikan dengan target reader.

5. Buatlah Ciri Khas Sendiri pada Konten yang Anda Buat

Sebagaimana yang kita ketahui, semakin hari pertumbuhan web-web berita online semakin berkembang pesat. Belum lagi media online kenamaan yang semakin menunjukkan tajinya hingga saat ini. Jika anda serius ingin membangun web news sehingga menjadi terkenal seperti yang lain, maka buatlah sesuatu yang berbeda dan menjadi ciri khas dari  web berita anda. Salah satunya adalah dari gaya penulisan ataupun hal-hal lain yang bisa dikembangkan.

Info : panduan membuat konten yang berkualitas

6. Lakukan Wawancara

Tips menulis artikel berikutnya adalah dengan melakukan wawancara terhadap narasumber. Hal ini lebih baik dilakukan daripada hanya sekadar melakukan rewrite dari web berita yang sejenis. Wawancara juga menjadi cara terbaik untuk membuat berita yang benar-benar riil karena penulis langsung mengetahuinya dari narasumber.

Memang harus kita akui, tidak mudah untuk meyakinkan narasumber untuk bersedia diwawancarai oleh kita. Apalagi narasumber adalah orang-orang penting sedangkan kita tergolong penulis pemula. Tetapi, hal tersebut harus diusahakan demi kredibilitas dan otoritas artikel berita yang akan kita buat.

Tetapi ingat, anda harus tau adab ketika hendak mewawancarai seseorang. Pertama pastikan anda mempersiapkan terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan, jangan sampai pada hari H justru membuat anda merasa bingung. Sebelum melakukan wawancara hubungi narasumber terlebih dahulu apakah beliau "bisa" dan "mau" untuk kita wawancarai.

Tak hanya itu saja, pemilihan lokasi wawancara juga perlu dipertimbangkan matang-matang. Sebisa mungkin cari tempat yang tertutup dan jauh dari kebisingan guna menjaga privasi narasumber. Selain itu anda pun perlu mengenali lebih dalam siapa narasumber yang akan anda wawancarai. Dengan mengetahui, anda pasti lebih tau bagaimana cara menghadapinya.

7. Sebisa Mungkin, Buat Konten yang Paling Teraktual dan Selalu Up to date.

Nah, poin yang satu ini juga tidak kalah penting untuk anda terapkan. Yakni menulis konten berita untuk peristiwa yang masih hot (maksimal 24 jam sebelum berita diterbitkan). Syukur-syukur jika kurang dari 24 jam. Selain itu, sebisa mungkin anda bisa menulis artikel lebih dari 1 per harinya. Lebih dari tiga itu semakin baik. Agar proses pembuatan semakin cepat, tidak ada salahnya untuk membuat tim kecil-kecilan yang masing-masing diberi tugas dan peranan sendiri-sendiri. Ada yang bertugas menulis dan ada yang bertugas mengumpulkan fakta termasuk melakukan wawancara

8. Selain Menyajikan Fakta, Informasi Tambahan Juga Perlu Anda Tambahkan

Dalam penulisan konten berita, hal-hal yang berbau fakta memang perlu untuk dicantumkan. Tetapi tidak ada salahnya juga apabila anda menambahkan informasi pendukung yang berkaitan dengan fakta yang ada. Informasi tersebut bisa berupa opini pribadi yang tentunya tidak menyimpang dengan konten yang sudah dibuat.

Baca juga : cara mendapatkan uang dari menulis


Penutup

Dan yang tidak kalah penting untuk anda ketahui, buatlah konten yang berimbang tidak dibuat berdasarkan kepentingan tertentu. Apalagi di masa-masa menjelang pemilu seperti saat ini, media-media online atau web berita sudah seharusnya tidak membuat konten yang memihak terhadap salah satu pasangan calon.

Demikian tips menulis artikel berita yang bisa saya berikan, yuk terapkan mulai sekarang dan tulislah konten berita yang aktual, handal, dan terpercaya.

0 Response to "Tips Menulis Artikel Berita, Apa yang Harus Saya Lakukan?"

Post a Comment